Tuesday 26 May 2015

SEJARAH SEPAK BOLA | LENGKAP >>

Sepak bola - adalah salah satu Cabang Olahraga yang sangat populer diseluruh belahan dunia , dari berbagai element masyarakat baik itu kalangan atas maupun bawah memiliki kegemaran yang sangat luar biasa , selain menjadi sebuah tontonan yang menarik dan menghibur juga menjdai sebuah kebudayaan di sebagian masyarakat di berbagai belahan dunia khususnya di benua amerika , selain itu sepak bola merupakan aktivitas rutin di sana , berbicara di benua amerika ' sepok bola sendiri juga tak kalah berkembang nya di benua eropa dan asia, khususnya di negara kita indonesia , sepak bola merupakan aktivitas semua element masyarakat yang paling ramai di lakukan oleh semua pecinta nya dai tua muda hingga anak-anak, tak ayal jika cabang olahraga sepak bola menjadi cabang olahraga terpopuler dan menjadi tontonan nomor satu di dunia.




Sejarah Sepak BolaCabang Olahraga Sepak Bola awal mula dikenal pada abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi disebut sebuah permainan antar tim pada sebuah vestifal di istana kerajaan diadakan sebuah perlombaan yang di ikuti beberapa kelompok masyarakat , pada acara tersebut diadakan sebuah permainan menggiring bola kulit dan menendangnya masuk ke dalam sebuah jaring kecil atau pada jaman itu di sebut Tsu Chu.

Konon permainan ini memiliki beberapa kesamaaan drngan sebuah permainan dijepang yang dikenal dengan sebutan Kemari, Ada pula permainan ini serupa dengan permainan di Itali , sebuah permainan menendang bola tepatnya pada awal abad ke-16.

Seiring perkembangan jaman , dunia olahraga pun juga berkembang snagat pesat diberbagai  negara hingga pada suatu ketika perkembang pula sebuah permainan sepak bola yang modern yang berkembang pesat di benua eropa khususnya di kerajaan inggris, dan disinilah pertama kali di buat beberapa sistem peraturan dalam permainan cabang olahraga sepak bola ini. namun tak berjalan mulus ketika setiap kompetisi sepak bola di inggris diselenggarakan selalu menimbulkan kekerasan , sehingga dari Raja Edward III mulai melakukan larangan , bahwa sepak bola tidak boleh dimainkan lagi tepat pada tahun 1365, bahkan Raja James I mengikuti dan mendukung kebijakan dari Raja Inggris untuk larangan dimaikannya cabang olahraga sepak bola ,

Jaman telah berubah aturan pun mulai menghilang dengan samar, pada akhirnya sekitar awal tahun 1860-an sepak bola kembali mencuak di sebuah Universitas dan bahkan menjadi idola baru dunia olahraga pada masa itu, setelah sepak bola kembali diterima oleh masyarakat , Sepak Bola Modern ini lahir dengan sistem-sistem peraturan bermain yang lebih baik dari sebelumnya sehingga pada tahun 1863 sekitar 11 klub dari berbagai Sekolah/Universitas berkumpul di Freemansons Tavern untuk membuat  aturan sepak bola yang baku , dan pada sistem peraturan yang baru ini akhirnya pada tahun 1869 mulai dibedakan antara Olahraga Rugby dengan Olahraga Soccer. salah satunya sudah dilarang seorang pemain memegang bola dan membawanya lari menuju jaring lawan. dan pada akhirnya perkembangan Olahraga sepak bola ini semakin pesat ,dan mulai didirikan sebuah Assosiasi pemersatu Olahraga sepak bola sedunia yang bernama FIFA.


Menurut seorang sejrawan sepak bola ternama Bill Muray salah satu  bukunya The World Game: A History of Soccer,  permainan sepak bola telah di kenal pada awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.

Sejarah yang lain di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, yang dalam permainan ini menggunkan sebuah objek bundar seperti bola ,bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang mana adalah salah satu dari relif itu menggambarkan seorang anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.


Ketika Sepak bola telah diaukui semua pihak , sepak bola modern asal inggris ini pun mulai mengembangkan permainan ini dan mendirikan sebuah klub pertama didunia Sheffield Football Club. Klub ini merupakan asosiasi sekolah pertama  yang menekuni permainan sepak bola.

Hingga kemudian tahun 1886 FA Inggris Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.mendirikan sebuah badan yang berperan untuk mengeluarkan peraturan sepak bola modern dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB) , FIBA sendiri memiliki peranan penting dalam mengeluarkan berbagai peraturan baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.


SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

Sejarah Sepak Bola Indonesia - banyak sekali dari kita pecinta sepak bola di indonesia yang ingin mengetahui asal muasal perkembangan atau masuknya cabang olahraga sepak bola ke indonesia.. disini kita ulas tuntas juga sejarah sepak bola indonesia. kita mulai dari BOLA..

Berdasarkan sembur yang saya baca , disini menggungkap sekilas tentang sejarah berkembangnya sepak bola di indonesia  diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta tepat pada 19 April 1930 dengan menghasilkan ketua pimpinan Bapak Soeratin Sosrosoegondo.Kemudian dalam kongres PSSI yang diadakan di Solo, organisasi PSSI mengalami sedikit perubahan nama yang menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.




Sejak saat itu, kegiatan sepak bola semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebangkitan "Sepakbola Kebangsaan", Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari yang membuat persepakbolaan Indonesia semakin pesat di daerah jawa tengah.
Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan perkembangan kemajuan dari segi kompetisi pun sangat tidak teratur.
Padahal ketika era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw.
Namun dalam perkembangan sepak bola pada era itu, PSSI telah berupaya untuk  memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir.
PSSI juga aktif dalam  mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi-kompetisi dalam kelompok umur tertentu  seperti U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23. namun upaya-upaya yang dilakukan PSSI hingga saat ini masih belom bisa dibilang bagus , itu dibuktikan dengan sangat minimnya prestasi yang didapat  Timnas indonesai .

Harapan kita semua pecinta Timnas Indonesia semoga sepak bola tanah air dapat  menjadi cabang olahraga yang bisa menciptakan banyak prestasi di setiap turnamen yang diikuti,, 
sekian ulasan sejarah sepak bola kali ini,, semoga informasi ini bermanfaat , sekian dan terimakasih telah berkunjung,