Saturday 12 December 2015

UKURAN LAPANGAN BOLA BASKET | LENGKAP >>

Salam Olahraga..

Setelah kemarin kita ulas tuntas "Sejarah Bola Basket" dan "Peraturan B ola Basket" disini kita akan mengulas tuntas Ukuran Lapangan Bola Basket dari tinggi tiang penyangga ring dan ukuran ring standart Internasional , kemudian di artikel selanjutnya kita mencoba mengupas tuntas Teknik Dasar Bermain Bola Basket , setelah ini kelar ..
Baca juga Peraturan lengkap semua cabang olahraga disini



Tak berbeda dengan cabang olahraga lainnya seperti Sepka Bola , Bola volli , Tenis Meja dan lainnya.. Bola Basket juga sangat seru untuk diperbincangkan , karena cabang olahraga yang satu ini cukup memiliki banyak penggemar di indonesia , khususnya dikalangan pemuda dan pelajar ditanah air, pada artikel kali ini kita akan mengulik Ukuran lapangan cabang olahraga Basket secara tuntas. baik langsung saja kita menuju kepembahasan .

Lapangan olahraga bola basket terdiri dari :
  • Bentuk lapangan
  • Lebar dan panjang
  • Tinggi tiang penyangga ring
  • Dan ukuran ring yang dipakai
setiap negara memakai sistem peraturan yang sama dengan menngunakan sistem ini diharapkan permainan dicabang olahraga basket dapat berkembang dengan sistem peraturan yang sama dimanapun cabang ini dimainkan.


1. Bentuk lapangan basket

Bentuk lapangan cabang olahraga bola basket adalah persegi panjang , lapangan basket tegolong hampir memiliki kesamaan dengan lapangan sepak bola dan lapangan bola volli hanya saja di lapangan basket memiliki perbedaan dengan adanya tiang penyangga sebagai tempat penyangga ring.
Untuk menegtahui ukuran bola basket silahkan anda baca artikel lengkapnya disini


Ukuran lapangan cabang olahraga basket
  • Panjang lapangan 28 m
  • Lebar lapangan 15 m
  • Diameter lingkaran tengah , 1 dan 2 adalah 3,6 m
  • Lingkaran daerah tembakan tiga angka   6,25 m
  • Garis tembakan bebas ke garis belakang 5,80 m



2. Tinggi tiang penyangga ring dan ukuran ring 

Ukran yang di cuntumkan disini adalah merupakan  ukran resmi dibakukan oleh Federation International de Basketbal (lFIBA)
Baca juga tugas materi penjaskes untuk mencari ukuran semua macam lapangan olahraga baca artikel selangkapnya disini


A. Tinggi tiang penyangga ring 
Tiang penyangga ring/keranjang pada umumnya kurang lebih 3 m dari permukaan dasar lapangan

B. Ukuran resmi kerangjang /ring basket
Pada umumnya ring/keraangjang di kelilingi dengan sebuah jaring yang terbuat dari nilon,
  • Dengan tinggi ring  2,75 meter
  • Diameter ring 0,45 meter
Untuk bahan yang dipakai dalam pembuatan lapangan basket bervariasi , ada lapangan dasaran basket yang terbuat dari kayu ada juga yang memakai sejenis cat tebal dan dihaluskan pada permuaan lapangan . sementara ini belom ada peraturan dalam pewarnaan lapangan jadi masih bebas ,
Untuk mendapatkan informasi lengkap dari semua cabang olahraga silahkan Baca disini

Jadi keinget waktu ditugaskan guru buat nyari tugas searching tugas pejas penjas tentang sejarah bola basket , setelah saya baca disini akhirnya saya mengerti semau sejarah awal mula bola basket didirikan selain itu  juga terdapat informasi siapa orang pertama kali menciptakan basket /permainan ini ternyata dia adalah baca sendiri artikelnya lengkap disini

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung.