Monday 7 December 2015

Teknik Memukul Bola Ping-Pong | Tenis Meja

Salam Olahraga...
Dalam pembahasan kali ini saya akan berikan trik dan tips bagai mana cara melakukan pukulan bola dalam permainan tenis meja, lebih tepatnya teknik memukul bola dalam tenis meja..pertama sebelum saya bagikan tips dan trik nya kita bahas dulu cara memegang Bet/raket ping-pong sudah bisa apa belom , jika belom perhatikan , apa yang saya tuliskan pada artikel kali ini,

Ada tiga teknik memegang bet dalam permainan tenis meja , sebelum anda bisa pemukul maka pelajari teknik ini terlebih dahulu karena ini sangat berpengaruh penting dalam menentukan kualitas skill maupun kuantitas permainan tenis meja anda. so,, ingat itu ya.

1. Teknik memegang Bet dengan cara Shakehands Grip
  • Teknik memegang Bet Shakehands Grip merupakan teknik yang paling umum dan populer selain merupakan jenis teknik pegangan paling mudah juga merupakan teknik yang sangat familiar bagi pemain dengan kondisi tubuh yang normal, teknik ini sangat mudah untuk menguasai jalannya ritme permainan baik dalam kondisi bertahan maupun kondisi menyerang.
  • Cara memegang Bet dengan teknik Shakehands Grip

  • Posisi tangan ketika memegang bet/raket seperti sedang berjabat tangan.
  • Jari telunjuk  posisi lurus dengan poisi tangan seolah-olah sedang bergaya pegang pistol

2. Teknik memegang Bet dengan Penholder Grip
  • Pada penggunaan teknik Penholder Grip ,paling cocok untuk pemain dengan tipe pukulan andalan Forehand, namun kebanyakan pemain yang menggunakan teknik peganggan Penholder Grip kesulitan dalam melakukan pukulan Backhand, selain itu pemain yang berani memakai teknik pegangan menggunakan teknik Biasanya pemain yang menggunakan pegangan ini harus mempunyai pergerakan kaki (Footwork) yang cepat yang membuat pemain mampu untuk bermain banyak menggunakan pukulan forehand. adalah pemain yang memiliki pergerakan kaki (Footwork) yang sangat cepat sehingga membuat pemain mampu untuk bermain banyak menggunakan pukulan forehand.
  • Contoh tangan yang menggunakan pegangan dengan teknik Penholder Grip
  • Cara memegang raket/bet seperti ketika kita melakukan sebuah cubitan  atau seperti ketika kita memegang sebuah pensil untuk menulis.
3. teknik pegangan terakhir yaitu dengan teknik Seemiller Grip (Amerikan Grip)
  • pegangan dengan teknik seperti ini sebenarnya merupakan teknik pengembangan dari teknik pegangan sebelumnya yaitu Shakehands Grip, hanya saja posisi telunjuk dan ibu jari agak melebar seperti pada gambar disini:

Nah bagai mana sangat jelas bukan, tiga teknik memegang raket /bet teni meja , sekarang baru kita bahas teknik melakukan pukulan bola tenis meja/Ping-Pong.
langsung saja,...


Teknik dan cara yang benar dalam melakukan sebuah pukulan adalah mutlak karena pemain tanpa menguasai teknik ini maka dia akan kesulitan untuk mendapatkan sebuah kemenangan dalan pertandingan yang dia jalankan oleh karena itu perhatikan dengan seksama,

1. Teknik Push
  • Pengertian dari teknik Push ,teknik memukul bola (ping-pong) dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka, biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan.
2. Teknik Drive
  • Teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan.
3. Teknik Chop
  • Teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon. Pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam atau bertubi-tubi baik bertahan maupun menyerang lawan,
4. Teknik Blok
  • Teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan dalam sikap bet yang tertutup. Blok biasanya digunakan untuk mengembalikan bola bola drive atau bola dengan putaran atas (top spin).
5.Teknik Servis
  • Teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola ke meja service kemudian bola harus melewati atas net (tidak boleh mengenai net) dan akhirnya memantul di meja lawan.
6. Teknik Spin 
  • Teknik pukulan dengan cara bola dipukul membentuk sudut tertentu sehingga bola memutar.
7. Teknik Lob
  • Teknik memukul bola ping-pong dengan gaya  melambung.
8. Teknik Smash
  • Teknik pukulan bola yang dilakukandengan power keras dan tajam ke arah daerah lawan.
Semua tidak akan bisa kita dapatkan tanpa adanya usaha dan kerja keras oleh sebab itu lakukan secara rutin dan terus menerus jika anda ingin menjadi atlite yang berprestasi, yang siap mengharupkan nama bangsa..
semnagat terimaasih telah berkunjung...