Friday 26 June 2015

Sejarah Lengkap Tenis Meja

Sejarah tenis meja (Gossima )


Pada akhir tahun 1800-an, pertama kali olahraga ini muncul di inggris . di mulai sebagai aktivitas/hoby di kalangan sosial masyarakat lokal, dimana jenis permainan ini di mainkan pada sebuah bidang meja makan dan sebuah bola yang terbuat dari gabus sebagai perangkat utamanya dilengkapi papan kayu kecil yang berfungsi sebagai pemukul/pemantul bola banyak masyarakat lokal inggris menamai permainan ini dengan sebutan bola flam-flam ada juga yang menyebutnya dengan Ping-Pong, Ketika abad telah berganti negara inggris semakin berkembang maju pada masa itu pula perbahan dan perkembangan olahrahga tenis meja pun juga mengalami perubahan, bahkan mulai diperkenalkan dimanca negara , salah satunya dinegara adidaya Amerika Srikat (AS) sekitar tahun 1900-an dinegara itu permainan tenis meja benar-benar mengalami banyak perubahan dari jenis bola yang terbuat dari seluloid dan menambahkan variasi Pemukul/Bet kayu dengan karet . 
Baca juga "Sejarah Renang Lengkap" dan "Sejarah Sepak Bola Lengkap"

Pasang surut perjalanan cabang olahraga tenis meja ini pun juga mengalami sebuah kemrosotan popularitas, namun pada masa itu terlahirlah sebuah gerakan di berbagai belahan dunia untuk membuat banyak komunitas yang berupaya kembali menghidupkan cabang olahraga tenis meja ,atau yang waktu itu dikenal sebagai olahraga Ping-Pong. akhirnya pada tahun 1922 olahraga tenis meja / ping-pong ini memiliki banyak simpatisan dari berbagai negara dan telahirlah sebuah organisasi Internatinalle de Table Tenis Federation (ITTF) terdiri dari 140 negara anggota selain itu pada tahun 1926 ITTF menjadi sponsor resmi individu dan tim yang bermain dalam sebuah kejuaran dunia yang akan diselenggarakan dua tahun sekali. 


Kompetisi Tenis Meja inipun mulai diselenggarakan dan pada awal tahun 1950-1960-an Olahraga tenis meja ini menyebar di benua asia salah satu negara yaitu Jepang langsung mendominasi kejuaraan tersebut,Namuntak perlu watu lama bagi negara Cina menggeser dominasi jepang kala itu Sekitar 1960-an dan 1970-an, Cina mulai merajai olahraga tenis meja. Tapi, setelah tenis meja menjadi cabang olahraga yang dapat diperhitungkan mulailah cabang olahraga ini di perlombakan pada Olimpiade 1980-an, dan dimasa itu mulai muncul negara kuda hitam yang mengancap dominasi negara cina seperti Swedia dan Korea Selatan . 

Istilah Ping Pong 

kata Ping-Pong merupakan sebutan resmi dari negara Cina (RRC) , tenis meja (Ping-Pong) mulai di pelopori dan di kembangkan diAsai melalui Negara Cina ,Jepang ,Korea Sedangkan sejarah tenis meja di Indonesia baru dikenal pada tahun 1930. Pada masa itu hanya dilakukan di balai-balai pertemuan orang-orang Belanda sebagai permainan hiburan . Pada tahun 1939 sebelum perang dunia ke II para tokoh petenis meja indonesia mendirikan PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia). Dan sejak itu, Perkembangan tenis meja di Indonesia hingga sekarang bisa dikatakan cukup pesat. 

Pada Februari 1952 diadakan sebuah turnamen di Bombay-India , dan pada masa itu negara asia mulai membentuk sebuah badan federasi yang memperkokoh cabang olahraga tenis meja kususnya dikawasan asia ,yaitu The Table Tennis Federation of Asia(TTFA). 

Sejarah tenis meja di Indonesia


di kenal masyarakat indonesia pada tahun 1930. namun permainan tenis meja pada kala itu masih di mainkan para menir-menir belanda , ada juga orang pribumi yang bisa belajar permainan tenis meja/Ping-Pong ini , seperti para Pamong .Sebelum perang dunia ke II pecah, tepatnya tahun 1939, permainan tenis meja mulai di kenalkan di golongan pribumi ,Pada tahun 1958 tokoh-tokoh pertenis meja mendirikan PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia) , dan dalam dalam kongresnya di Surakarta PPPSI federasi olahrahga tenis meja mengalami perubahan nama menjadi PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia). 

Pada tahun 1960 PTMSI menjadi anggota federasi tenis meja negara Asia, yaitu TTFA (Table Tennis Federation of Asia).Perkembangan tenis meja di Indonesia sejak berdirinya PPPSI hingga sekarang bisa dikatakan cukup maju. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perkumpulan-perkumpulan tenis meja yang berdiri, serta banyaknya pertandingan tenis meja yang dilakukan di berbagai lingkungan sosial , misalnya dalam arena : PORDA, PON, POMDA, POSENI di tingkat SD, SLTP, SLTA serta pertandingan-pertandingan yang diselenggarakan oleh perkumpulan-perkumpulan tenis meja, instansi pemerintah atau swasta sampai lingkup karang taruna. 


Nama indonesia sendiri mulai diperhitungkan dalam dunia tenis meja , tak hayal jika indonesia Indonesia selalu di undang dalam kejuaraan-kejuaraan dunia resmi setelah Indonesia terdaftar sebagai anggota ITTF pada tahun 1961.Selain kegiatan-kegiatan pertandingan tersebut, hal lain yang patut dicatat dalam perkembangan tenis meja nasional adalah berdirinya Silatama (Sirkuit Laga Tenis Meja Utama) yang dimulai pada awal tahun 1983, yang diiselenggarakan setiap 3 bulan sekali serta Silataruna yang kegiatannya dimulai sejak 1986 setiap 6 bulan sekali.

Kurang lebihnya sejarah Tenis Meja pada artikel saya ini merupakan salah satu kepedulian anak bangsa untuk tetap pengingat dan menghargai sejarah bangsa , sekian semoga informasi ini bermanfaat, 
terimaksih telah mampir..