Saturday 7 December 2013

SEJARAH BOLA VOLI | LENGKAP

Sejarah Bola Volli

Bola Volly ( Mintonette ) - Cabang olahraga yang dimainkan secara beregu /tim ini merupakan salah satu cabang olahraga dari 10 cabang olahraga yang sangat populer di kalangan pecinta olahraga pada akhir 1800-an hingga awal 1900-an , Olahraga Mintonette atau yang sekarang kita kenal dengan Olahraga Bola Volly ini memiliki berbagai macam cerita dalam dunia perkembangannya, dari era ke era olahraga yang dapat dimainkan dengan kekompakkan tim dan beregu , dari awal berkembang hingga menjadi salah satu cabang olahraga terpopuler dari 10 olahraga yang tersebar di berbagai belahan negara.


Adalah James Naismith pria kelahiran inggris 6 november 1861 Springfield College of YMCA orang pertama yang menemukan cabang olahraga bola voli , olahraga bola voli yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis olahraga. seperti bola basket, baseball, tenis,dan bola tangan (handball). dan pada akhirnya permainan olahraga voli ini mulai berkembang di berbagai negara hingga era selanjutnya di sempurnakan kembali oleh William G. Morgan seorang instruktur senam (Director of Phsycal Education) terkenal Di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat pada tahun 1895 ,Awalnya, permainan ini khusus bagi anggota YMCA dan itupun anggotanya terdiri dari orang-orang yang berusia sudah tidak muda lagi, .Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, tepat pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.

Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta William G. Morgan untuk mendemonstrasikan permainan volli ball dan di ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut dimana pada konferesi ini juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan william membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan william juga menjelaskan bahwa permainan bola volli tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun bahkan juga dapat di mainkan di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan olahraga bola volli ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain dengan membentuk regu tim. Pada awalnya tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran utama pada awalnya dari para pemain ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net lawan yang tinggi, dari wilayah lawan
Perkembangan olahraga voli ball ini mulai benar-benar berkembang di berbagai belahan dunia dari benua eropa , amerika sampai pada negara-negara asia hingga di indonesia, berbagai kompetisi pun mulai resmi dipetandingkan baik dari nasional sampai kompetisi internasional.


Perkembangan Bola voli di indonesia 

Brawal dari masa penjajahan koloni belanda di tanah air berbagai tradisi kebudayaan asing pun mulai bermunculan dari politik sosial hingga kesenian , pendidikan dan kesenian ,salah satu peranan koloni belanda pada masa itu iayalah membawa sebuah kebudayaan perm ainan asing yaitu bolla volli sekitar tahun 1982 ,mulai di perkenalkan dalam dunia pendidikan jasmani di indonesia olahraga ini pun langsung banyak diminati pemuda- pada kala itu, namun sebelum dapat di mainkan oleh pribumi olahraga permainan bola voli ini hanya boleh di mainkan oleh tentara-tentara koloni belanda , sampai pada akhirnya masyarakat pribumi bisa memainkan dan mulai belajar cabang olahraga ini, namun pembauran antara koloni belanda dengan penduduk pribumi inilah yang membuat olahraga ini dapat di mainkan dengan bebas diberbagai kalangan , sehingga muncul klub-klub atau tim kecil yang menumbuhkan ide koloni untuk mengadakan sebuah kompetisi antar kota sampai turnamen kelas antar desa, banyak pelatih-pelatih hingga guru pendidik permainan ini, melihat pesatnya perkembangan caban olahraga bola voli pada akhirnya tepat di tanggal 22 januari 1955 indonesia mendirikan sebuah badan atau organisasi yang mengikat olahraga bola voli secara resmi yaitu PBVSI (persatuan bola voli seluruh indonesia) di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang diselenggarakan pertama diindonesia.

Setelah turnamen pertama yang diadakan berjalan lancar kemudian indonesia mengembangkan berbagai event kompetisi nasional salah satunya diresmikan dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951 , disini lah melahirkan atlit-atlit handal baik putra maupun putri untuk memperkuat timnas bola basket indonesi, sebelum mulai di undang dalam sebuah evant / kompetisi internasional pertamanya di Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 yang diselenggarakan di Jakarta, dan pada tahun 1962 cabang olahraga bola voli di indonesia mulai diperhitungkan itu dibuktikan dari andilnya timnas indonesia dalam kejuaran internasional di Atena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989.

Cabang olahraga volli ball ini semakin populer hingga saai ini , sudah berbagai turnamen bertarap internasional yang diselenggarakan ,oleh karena itu cabang olahraga volli ball ini merupakan salah satu dari 10 cabang olahraga yang sangat populer di dunia.

Sekian informasi Sejarah Bola voli yang dapat saya cetuskan ,, hehehe semoga bermanfaat terimaksih telah berkunjung.